Makna Gelu untuk jenazah

Anda tahu gelu? Entah di daerah lain, tapi di wilayah yogyakarta pada saat penguburan mayat ada sesuatu yang mengiringi upacara pemakaman tersebut, yaitu Gelu. Gelu adalah tiga gumpalan tanah yang dibentuk sedemikian rupa untuk menahan jasad mayat. Biasanya gelu diletakkan di samping timur mayat pada bagian daerah kepala, punggung dan satu lagi di bawah. Tujuanya agar mayat tidak ngglebak. Mungkin di daerah lain bukan hanya tiga, tapi lebih dari itu.

Memang tidak ada nash qur'an maupun hadis yang menyuruh kita untuk menyertakan gelu tersebut. Pun penamaan gumpalan-gumpalan tanah itu dengan Gelu. Tapi ada beberapa makna tersirat yang mungkin bisa menjelaskan pemberian nama tersebut. Diantaranya adalah :

1. Gelu, adalah singkatan dari tuGel-teLu. Ini adalah bahasa jawa. Tugel (bukan togel) artinya putus, sedangkan telu berarti tiga. Ini artinya bahwa ketika orang sudah meninggal, semua amalnya terputus, kecuali tiga hal. Seperti yang disebutkan dalam hadis:

"Jika anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah pahala amalnya kecuali dari tiga hal, yaitu sodaqoh jariyah (yang terus mengalir pahalnya), ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakannya."

2. Gelu adalah kata untuk melebihkan arti kata Gelo. Gelo berarti menyesal. Sedangkan Gelu berarti sangat menyesal. Ini mengandung makna bahwa setiap orang yang meninggal pasti menyesal. Bagi orang yang berdosa dia menyesal karena belum sempat taubat, sedangkan bagi yang sudah mempunyai amal sholeh, dia juga menyesal kenapa tidak lebih banyak lagi dia beramal sholeh.
Inilah dua makna yang bisa dijelaskan dari Gelu. Anda punya penjelasan lain?
.

6 komentar:

Jual Obat Batuk Darah mengatakan...

bner banget tiga hal yang tidak terputus pahal seperti yang tiga di atas info yang bermnfaat

Agen Ace Maxs mengatakan...

saya suka srtikel nya sangat bermanfaat ,sudah saya baca dalam pelajran agama ..

Unknown mengatakan...

Artikelnya bagus ...

Unknown mengatakan...

Artikelnya bagus ...

Unknown mengatakan...

Bacaan saat membuat gelu apa

gik mengatakan...

Good

Posting Komentar